UNTUK INDONESIA
Apple Rilis iOS dan iPadOS 13.4 dengan Trackpad
Tidak hanya iOS dan iPad, Apple juga meluncurkan pembaruan untuk perangkat tvOS, HomePod, watchOS, dan macOS .
MacBook Air dan iPhone. (Foto: GSM Arena)

Jakarta - Apple merilis iOS dan iPadOS 13.4 dengan dukungan trackpad. Build ini akan stabil untuk iPhone dan iPad yang kompatibel dengan pembaruan tersebut.

Dilansir dari GSM Arena, Kamis, 26 Maret 2020, perubahan besar dari dukungan trackpad ini hadir pada perangkat iPad, di mana pengguna dapat menggunakan Bluetooth dan mouse USB dengan perangkat iPads yang kompatibel dengan UX yang lebih baik dari versi sebelumnya.

OS tersebut akan menampilkan pointer mouse baru, yang dirancang untuk secara otomatis beralih ke elemen UI saat melayang. Pembaruan ini juga akan mendukung untuk magic keyboard yang baru dengan trackpad bawaan.

Kemudian ubahan lain yang terdapat pada iOS dan iPadOS adalah adanya sembilan emoji baru, dukungan berbagi folder dari aplikasi files ke iCloud Drive, peningkatan CarPlay dengan dukungan aplikasi navigasi pihak ketiga, dan pemblokiran cookie pihak ketiga di Safari.

Baca juga: Apple akan Membuat iPhone 9 Plus

Tidak hanya itu, saat ada panggilan telepon juga tidak ditampilkan secara keseluruhan layar, lalu terdapat kontrol untuk menghapus, memindahkan, membalas, dan menulis di aplikasi Mail, serta adanya dukungan pengetikan prediksi untuk bahasa Arab.

Selain merilis pembaruan untuk iOS dan iPadOS, Apple juga meluncurkan update 13.4 untuk tvOS dan HomePod. Sementara itu, Apple Watch akan mendapatkan pembaruan WatchOS 6.2, yang dimana terdapat fitur baru, yakni pembelian dalam aplikasi, Electrocardiogram (ECG), dan notifikasi untuk irama jantung yang tidak teratur. Namun pembaruan WatchOS ini baru tersedia di Chili, Selandia Baru, dan Turki.

Baca juga: Apple Siri Jawab Pertanyaan Soal Coronavirus 

Perangkat Apple lain yang mendapatkan pembaruan adalah MacBook. Mac akhirnya mendapatkan pembaruan macOS Catalina 10.15.4 dengan berbagai fitur baru yang hadir seperti, berbagi folder di iCloud Drive, waktu layar, lirik yang disinkronkan untuk Apple Music, impor kata sandi Chrome dan Netflix HDR di Safari, dukungan Universal Purchase untuk aplikasi di semua platform Apple, dan mode referensi khusus untuk Pro Display XDR.[]

Berita terkait
Peluncuran iPhone 9 pada 31 Maret 2020 Dibatalkan
Apple membatalkan peluncuran iPhone 9 yang direncakan pada 31 Maret 2020, menyusul penyebaran wabah virus corona di beberapa negara di dunia.
Spesifikasi dan Harga MacBook Air 2020
Apple resmi meluncurkan MacBook Air 2020. Dalam versi terbaru, laptop ini hadir dengan pembaruan beberapa fiturnya.
Apple Juga Mau Bikin iPad dan Macbook Murah
Apple dikabarkan akan memproduksi iPad dan Macbook harga murah. Sebelumnya, Apple juga dikabarkan akan memproduksi iPhone dengan harga terjangkau.
0
Apple Rilis iOS dan iPadOS 13.4 dengan Trackpad
Tidak hanya iOS dan iPad, Apple juga meluncurkan pembaruan untuk perangkat tvOS, HomePod, watchOS, dan macOS .