UNTUK INDONESIA
Cegah Covid-19 Meluas, 8 Mal Jakarta Tutup Sementara
Mal dan pusat perbelanjaan besar di ibu kota menutup operasional sementara, seiring dengan penetapan status tanggap darurat bencana Covid-19.
Suasana sepi pengunjung di pusat perbelanjaan Grand Mall, Solo, Jawa Tengah, Rabu, 25 Maret 2020. (Foto: Antara/Mohammad Ayudha/hp)

Jakarta - Mal dan pusat perbelanjaan besar di ibu kota menutup operasional sementara, seiring dengan penetapan status tanggap darurat bencana Covid-19 atau virus corona oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Jumat, 20 Maret 2020.

Untuk mencegah penularan Covid-19 secara masif, Anies ingin seluruh komponen masyarakat, dunia usaha, organisasi sosial, organisasi keagamaan, mengambil langkah drastis.

"Mulai pekan ini kita harap dunia usaha untuk bersama-bersama, karena kalau hanya dikerjakan sebagian, dan sebagian lain memilih interaksi, maka penyebaran berjalan terus. Mulai Senin, 23 Maret 2020 kita akan melakukan peniadaan kegiatan hiburan," ujar Anies Baswedan beberapa waktu lalu.

Baca juga: Anies Baswedan: Jakarta Status Tanggap Darurat Covid-19

Kebijakan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta Nomor 155/SE/2020 tentang Penutupan Sementara Kegiatan Operasional Industri Pariwisata Dalam Upaya Kewaspadaan Terhadap Penularan Covid-19.

Merespons kebijakan tersebut, sejumlah mal dan pusat perbelanjaan pun mengurangi jam operasional sampai memutuskan penutupan sementara. Berikut mal dan pusat perbelanjaan yang menerapkan pengurangan jam operasional dan melakukan penutupan sementara.

Grand IndonesiaPekerja membersihkan salah satu area pusat perbelanjaan di Grand Indonesia, Jakarta, Senin, 23 Maret 2020. (Foto: Antara/Rivan Awal Lingga/foc)

1. Fx Sudirman

Mal yang terletak di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan ini, menjadi salah satu mal yang turut melakukan penutupan sementara seiring kebijakan mencegah penularan virus corona. Fx Sudirman akan tutup operasional sementara efektif mulai Sabtu, 28 Maret 2020 hingga Jumat, 10 April 2020.

Namun, untuk toko-toko yang menjadi kebutuhan pokol di level basement akan tetap buka selama periode penutupan, seperti Foodhall Supermarket, toko obat-obatan, dan semua Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

"Kesehatan dan keselamatan pengunjung, komunitas, tenan, dan staf dan seluruh komplek adalah prioritas utama kami. Kami mendukung penuh kebijakan pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19 dan kebijakan bekerja dari rumah untuk para karyawan termasuk staf tenan," ujar pihak manajemen Fx Sudirman seperti dikutip Tagar dalam Instagram @fxsudirman, Kamis, 26 Maret 2020.

2. Lippo Mal Puri

Berbeda dengan Fx Sudirman, salah salah satu pusat perbelanjaan di kawasan Puri Indah, Kembangan, Jakarta Barat Lippo Mal Puri sudah menerapkan kebijakan penutupan sementara sejak Senin, 23 Maret 2020. Pusat perbelanjaan ini pun akan kembali beroperasi pada 6 April 2020 mendatang.

Adapun gerai yang ditutup sementara adalah Miniapolis, Timezone, Element Family Fun, Cinema XXI, Meiso, Wonderkids, Tropical Lands, Kidzoona, Nano Healthy Family, Minizoo Ride, dan Nest.

"Kami akan tutup per tanggal 23 Maret hingga 5 April," ujar pihak manajemen Lippo Mal Puri.

3. Summarecon Mall Kelapa Gading

Summarecon Mall Kelapa Gading, salah satu mal terbesar di Jakarta juga memutuskan untuk menutup oerasional sementara mulai 25 Maret 2020 hingga 7 April 2020. Bahkan, pihak Summarecon Mall Kelapa Gading turut mengimbau seruan pemerintah untuk di rumah saja dengan gerakan #dirumahaja.

"Kami bertekad untuk berperan serta memutus rantai penularan Covid-19, maka Summarecon Mall Kelapa Gading Tutup Sementara supaya kamu bisa fokus menjalankan kegiatan #DirumahAja dan mengajak rekan-rekan supaya focus menjalankan kegiatan #dirumahaja," tutur pihak manajemen Summarecon Mall Kelapa Gading dikutip Tagar dalam Instagram @mkglapiazza.

Tapi, ada beberapa outlet yang masih dibuka untuk mencukupi kebutuhan pokok antara lain, Farmers Market, The Foodhall, dan Family Mart. Sementara Guardian, Watsons, Century, dan Surya Lestari akan buka Pop up booth yang berlokasi di MKG 1 lantai dasar dekat Lobby MKG 1 dengan jam operasional mulai pukul 10.00 – 18.00 WIB.

4. Plaza Indonesia

Pihak manajemen Plaza Indonesia mengatakan mendukung kebijakan pemerintah mencegah penyebaran virus corona di ibu kota semakin meluas. Untuk itu Plaza Indonesia juga melakukan penutupan sementara mulai Rabu, 25 Maret 2010.

"Plaza Indonesia akan tutup sementara waktu terhitung dari tanggal 25 Maret 2020 hingga 3 April 2020," ucap General Manager Tenant Communication Relations, Customer Service & SQA Stella Kohdong.

Sementara itu, sejumlah toko yang berada di level basement masih dibuka untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, yaitu The Foodhall Supermarket, Guardian, Century & Natural Farm, money changer, dan seluruh ATM. Dengan pembatasan jam operasional dari pukul 11.00 hingga 17.00 saja.

5. Senayan City

Pusat perbelanjaan yang berada di kawasan Asia Afrika ini belum memutuskan menutup sementara seluruh outlet. Hanya saja, ada lima outlet yang sementara ditutup dari terhitung 23 Maret 2020 hingga 5 April 2020. Lima outlet yang sementara tutup diantaranya Lollipop's Playland and Cafe, Q Billiard, Rabbithole, Senayan City XXI, dan Meiso Reflexology.

6. Central Park

Senada dengan Senayan City, mal di kawasan Jakarta Barat yang mengusung konsep green-park Central Park belum memberlakukan penutupan operasional sementara. Namun, ada lima otlet yang sementera ditutup sejak Senin, 23 Maret 2020 sampai 5 April 2020, yaitu CGV, Rise, Inul Vizta, Fun World, dan Zen-O.

7. Neo Soho

Mal yang bersebelahan dengan Central Park ini pun tak menutup sementara. Neo Soho hanya menutup tiga outlet yang beroperasi di sana, yaitu Jakarta Aquarium, Chipmunks Playland and Cafe serta KOVEE VR Entertainment and Education.

8. Mal Grand Indonesia

Mal yang terdiri dari tiga bagian, yakni East Mall, West Mall dan sebuah Skybridge, Grand Indonesia tidak menerapkan kebijakan menutup operasional sementara. Grand Indonesia hanya menetapkan pembatasan jam operasional saja,

Mal dibuka pada pukul 11.00 hingga 20.00 di hari kerja Senin sampai Jumat. Sedangkan Sabtu dan Minggu pukul 11.00 hingga 21.00. (Alvika Septianingrum) []


Berita terkait
Hindari Kerumunan, Mal di Maros Tutup Sementara
Pusat perbelanjaan Grand Mal Maros tutup untuk sementara hingga waktu yang belum ditentukan. Untuk mengantisipasi merebaknya virus corona.
Jakarta Darurat Covid-19, Anies Sorot Driver Ojek
Gubernur DKI Anies Baswedan menyorot driver ojek online dan pangkalan setelah Jakarta berstatus Tanggap Darurat Bencana Covid-19.
Jokowi Beri Kelonggaran Cicilan Kredit Pekerja Harian 1 Tahun
Jokowi meminta pekerja harian seperti sopir ojek, sopir taksi, nelayan dan UMKM tidak perlu khawatir. Ada kelonggaran bayar kredit setahun.
0
Cegah Covid-19 Meluas, 8 Mal Jakarta Tutup Sementara
Mal dan pusat perbelanjaan besar di ibu kota menutup operasional sementara, seiring dengan penetapan status tanggap darurat bencana Covid-19.