Jakarta - Truk Hino Ranger, salah satu produk andalan PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) berhasil merajai medium duty truck dengan berhasil menjual sebanyak 31.471 unit pada 2019 denga raihan market share sebesar 62 persen.
Dengan penjualan tersebut, Hino Indonesia berhasil mempertahankan predikat sebagai market leader medium duty truck yang sudah disandangnya selama 20 tahun.
Pada peringkat kedua, penjualan terbanyak dipegang oleh Hino Dutro, yang berhasil dilego kepasaran sebanyak 14.299 unit atau naik menjadi 22 persen setelah ditahun 2018 membukukan penjualan Dutro dengan market share 20 persen.
Hino Ranger rajai pasar medium duty truck dengan berhasil terjual sebanyak 31.471 unit di 2019. (Foto: Instagram/trukhinoid)
Pada 2020, Hino menargetkan penjualan sebanyak 36.000 unit. Hino optimis target ini akan tercapai karena melihat periode kedua Presiden Jokowi yang masih terus melakukan pembangunan infrastruktur.
"Kami memiliki rasa optimisme di 2020 akan lebih baik lagi. Fokus pemerintah dalam pembangunan infrastruktur, kami yakini dapat memberi dampak pada naiknya penjualan. Target kami ditahun ini bisa mempertahankan posisi sebagai market leader dengan market share untuk Ranger 65 persen dan Dutro tumbuh menguasai 25 persen," kata Chief Operating Officer (COO) PT HMSI Masato Uchida, di Jakarta, Kamis, 23 Januari 2020.
Pada tahun ini juga Hino akan lebih mendekatkan diri pada operasional bisnis customer dengan mengembangkan jaringan outlet hingga 200 Hino outlet di akhir 2020. Penambahan outlet tersebut akan difokuskan pada area-area strategis di pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan dan kawasan Indonesia timur.
Tak hanya outlet, Hino juga akan menambah jaringan toko suku cadang dari yang semula berjumlah 3.407 akan ditingkatkan menjadi 3.600 toko dengan tujuan untuk menjaga distribusi dan ketersediaan suku cadang di seluruh Indonesia. Selain itu, tersedia juga service point bagi konsumen yang berada di area-area sulit terjangkau. []