UNTUK INDONESIA
Jeep Recall Wrangler dan Gladiator Masalah Kopling
Jeep model Wrangler dan Gladiator harus ditarik alias recall karena ada masalah pada pelat kopling pada transmisi manual.
Jeep Wrangler dan Jeep Gladiator. (Foto: Antara/Jeep)

Jakarta - Jeep telah mengeluarkan surat edaran untuk melakukan penarikan kembali (recall) terhadap model Wrangler dan Gladiator yang menggunakan transmisi manual. Penarikan ini disebabkan adanya masalah pada pelat tekanan kopling.

Jumlah kendaraan yang ditarik dari dua model ini sebanyak 33.237 unit, yang terbagi atas 29.818 unit Wrangler dan 3.419 Gladiator. Penarikan mencakup model Wrangler hasil produksi 23 Agustus 2017 hingga 13 Februari 2020. Sedangkan model Gladiator yang ditarik mencakup hasil produksi 21 Desember 2018 sampai dan 20 Februari 2020.

Dilansir dari laman Carscoops, Selasa, 17 Maret 2020, Badan Keselamatan Jalan Raya Amerika Serikat (AS) atau National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) menyatakan bahwa pelat kopling yang terdapat pada kedua model ini dapat menjadi terlalu panas karena adanya gesekan yang menyebabkan pelat menjadi mudah patah.

Jika dibiarkan maka transmisi akan rusak dan mobil akan kehilangan tenaga dan yang paling parah bisa menyebabkan kebakaran kendaraan karena gesekan yang menyebabkan panas pada puing-puing yang dihasilkan dari kerusakan tersebut.

Berdasarkan hasil analisis laboratorium, pelat tekanan merupakan sumber pengapian yamg kompeten karena mampu menghasilkan suhu hingga 1.100 derajat celcius. Pengemudi dalam hal ini akan merasakan pedal kopling yang berlebihan hingga menyebabkan bau sangit pada kopling.

Hingga saat ini, Jeep telah menerima 35 klaim garansi dan satu cedera ringan akibat permasalah kopling ini. Pada 17 Desember 2019, Free Carrier (FCA) telah melakukan pemeriksaan adegan kebakaran mobil yang diduga menyangkut permasalahan kopling ini. Satu bulan kemudian, mereka meninjau garansi pengembalian kendaraan dengan kondisi transmisi dan kopling yang rusak parah.

FCA masih akan memperbaiki data dan informasi terkait kasus ini, serta berencana memberi tahu kepada pemilik dan diler mulai 22 April 2020.[]

Berita terkait
Barisan Mobil Off-Road Jeep di GIIAS 2019
Hascar Group merupakan APM (Agen Pemegang Merek) baru dari merek Jeep di Indonesia di acara GIIAS 2019 yang menghadirkan mobil-mobil beraliran off-road.
Keren, Presiden Jokowi Naik Jeep Membelah Markas TNI Cilangkap
Dari pintu gerbang utama, Presiden berganti mobil dari mobil kepresidenan Marcedes ke mobil jeep khusus yang telah disediakan tetap dengan plat Indonesia-1.
Wow!!! Mata Gatotkaca Ini Tertutup Kendarai Motor dan Jeep
Wow!!! Mata Gatotkaca ini tertutup kendarai motor dan Jeep. Aksi nekat pria tentu saja menarik perhatian warga dan pengguna jalan.
0
Jeep Recall Wrangler dan Gladiator Masalah Kopling
Jeep model Wrangler dan Gladiator harus ditarik alias recall karena ada masalah pada pelat kopling pada transmisi manual.