TAGAR.id, Miami, Florida, AS - Kedatangan Lionel Messi di Inter Milan persis seperti yang dibutuhkan MLS, meskipun ada kritik terhadap Leagues Cup dari klub Liga MX, MLS meraup semua hal hebat yang dibawa oleh efek Messi: Semua mata tertuju pada MLS dan peningkatan pelanggan pada TV Apple.
Ada pepatah lama yang mengatakan bahwa semuanya tergantung pada lensa yang Anda gunakan untuk melihatnya, dan untuk sepak bola AS, bisnis ini berhasil berkat kedatangan kapten tim pemenang Piala Dunia FIFA 2022.
Menurut Jorge Mas, sejak 'La Pulga' menandatangani kontrak dengan Inter Miami, MLS Season Pass mengalami peningkatan yang cukup besar, termasuk MLS, Piala Liga, dan Piala Campeones.
Fans Lionel Messi menunggu kedatangannya dari Argentina di Stadion DRV PNK di Fort Lauderdale, Florida, AS, jelang debutnya di Major League Soccer (MLS) bersama Inter Miami pada 21 Juli 2023. (Foto: nst.com.my/CHANDAN KHANNA/AFP)
Jorge Mas membahas kedatangan Messi ke MLS
"Efek Messi itu nyata. Pelanggan MLS Season Pass di Apple TV berlipat ganda sejak Messi bergabung dengan Inter Miami. Dan penayangan siaran berbahasa Spanyol telah melampaui lebih dari 50% untuk pertandingan Messi dan terus bertambah. Luar biasa untuk semua penggemar di seluruh dunia!" tulis presiden Inter Milan.
Tentu saja, Jorge Mas hanya memberikan data streaming pertandingan dengan keikutsertaan Messi meski ia menampik jika pertandingan lainnya juga sudah sangat sukses.
Gaji Lionel Messi di Inter Miami adalah 40 juta dolar AS per musim (setara dengan Rp 612.942.000.000); namun, ada bonus dalam kontraknya bahwa dia akan mendapatkan bagian dari langganan Apple TV MLS Season Pass.
Selain itu, Messi juga sudah sepakat untuk membuat miniseri tentang kejuaraan Piala Dunia Qatar 2022 yang sudah digarap oleh Apple.

Peningkatan langganan Apple TV dengan Messi
Dalam pemotongan tunai pertama perusahaan AS pada akhir Juli 2023 lalu, dilaporkan mencapai 1 juta langganan baru di MLS Season Pass.
Sementara itu, bagi mereka yang bukan pelanggan Apple TV+ dan ingin menonton pertandingan hanya untuk tiket masuk musim MLS, harganya sedikit lebih tinggi dan berkisar dari 14,99 dolar AS (setara dengan Rp 229.700,02) per bulan hingga 49,00 dolar AS (setara dengan Rp 746.394,95) untuk seluruh musim.
Bahkan dengan penandatanganan Messi pada bulan Juni 2023, Apple TV+ menambahkan lebih dari 300 juta pelanggan baru, refleksi lebih lanjut dari bobot yang dimiliki Juara Piala Dunia untuk masa depan MLS dan juga untuk merek lain yang terlibat. (marca.com/LW). []