Jakarta - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Benni Irwan menyampaikan, spirit Kemendagri pada pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 ialah untuk memobilisasi semua pihak menjadi agen pencegah penyebaran Covid-19.
"Kami di Kemendagri sebenarnya mempunyai satu spirit bagaimana penyelenggaraan Pilkada 2020 ini menjadi momentum untuk memobilisasi masyarakat, untuk memobilisasi mesin-mesin politik dan memobilisasi mesin-mesin pemerintahan untuk menjadi agen-agen perlawanan penyebaran Covid-19, dan tentu ini tidak hanya di tingkat pusat saja, tentu ini harus bersama-sama di pusat dan di daerah," ucapnya.
Hal tersebut disampaikan Kapuspen saat menjadi Keynote Speech Program Budaya Sensor Mandiri dengan tema "Optimalisasi Iklan Kampanye Berbasis Media pada Pilkada 2020 Sebagai Upaya Mitigasi Penyebaran Covid-19", yang dilakukan secara virtual di Jakarta, Selasa 24 November 2020.
Pilkada 2020 ini menjadi momentum untuk memobilisasi masyarakat, untuk memobilisasi mesin-mesin politik dan memobilisasi mesin-mesin pemerintahan untuk menjadi agen-agen perlawanan penyebaran Covid-19.
Kapuspen Benni juga menambahkan, bahwa keselamatan dan kesehatan masyarakat menjadi pemikiran yang utama bagi pemerintah di tengah pandemi ini.
Oleh sebab itu, Kemendagri sangat mendorong tahapan kampanye Pilkada dilaksanakan dengan berpedoman protokol kesehatan (prokes) yang ketat dan berbasis internet untuk mengurangi kerumunan massa yang berpotensi menyebarkan Covid-19.

Kemendagri dan seluruh pihak penyelenggara sudah menerapkan hal yang sama, yaitu menyosialisasikan kebijakan-kebijakan melalui media online.
"Informasi-informasi terkait Pilkada yang berbasis prokes ini juga disampaikan melalui media yang sangat-sangat membantu. Kita menggunakan media televisi, radio, koran, majalah, media online, sosial media yang juga tidak kalah pentingnya yaitu rapat-rapat virtual," jelasnya.
Dalam PKPU Nomor 11 Tahun 2020 Pasal 47 sudah diatur tentang bagaimana iklan kampanye dimanfaatkan dan Kemendagri sangat mengapresiasi paslon-paslon yang sudah memanfaatkan media massa dan online untuk berkampanye.
Berdasarkan data Kemendagri, dari 741 paslon yang terdaftar pada pilkada 2020, 686 Paslon sudah mendaftarkan akun media sosialnya.
Selain itu, kampanye dengan pemanfaatan media online memiliki banyak keunggulan pada kondisi pandemi ini, salah satunya tingkat keamanan.
"Aman karena ini potensi mengurangi pertemuan langsung, murah juga jika dibanding dengan kampanye-kampanye konvensional, dan dapat diikuti jejak digitalnya, seperti apa sebenarnya janji-janji yang disampaikan oleh paslon pada masa kampanye yang nanti bisa ditagihkan pada saat mereka terpilih," tegas Benni.
- Baca Juga : Kemendagri Minta Kepala Daerah Antisipatif Bencana Alam
- Baca Juga : Kemendagri: Kekhawatiran Pilkada Sebar Covid Tidak Terbukti
Kapuspen Benni juga meminta dukungan dari semua pihak agar target partisipasi Pilkada 2020 sebanyak 77,5% dapat tercapai.
"Mudah-mudahan dengan ini target 77,5 persen partisipasi masyarakat pada Pilkada dapat kita capai. Untuk itu kita perlu menyakinkan masyarakat dengan pemanfaatan media bahwa setiap tahapan Pilkada 2020 dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan,"tutupnya. []