UNTUK INDONESIA
Lima Wisata di Pulau Galang Tempat Isolasi Corona
Pulau Galang, Kepulauan Riau menjadi tempat isolasi virus Corona di Indonesia, menyimpan banyak wisata menarik.
Pantai Cakang, Pulau Galang, Kepulauan Riau. (Foto: Instagram/@nashir.ab)

Jakarta - Pulau Galang, Kepulauan Riau menjadi tempat isolasi virus Corona di Indonesia, ternyata menyimpan sejumlah wisata yang menarik dikunjungi wisatawan.

Beragam destinasi wisata, seperti wisata alam dan tempat bersejarah menjadi primadona di sana.

Keindahan panorama serta suasana yang diberikan turut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke sana. Sehingga, bagi siapa saja yang berkunjung ke Pulau Galang tentu akan memiliki banyak kenangan yang tidak bisa dilupakan. 

Berikut Tagar rangkumkan sejumlah tempat wisata yang ada di Pulau Galang, Kepulauan Riau.

1. Museum Kampung Vietnam

Museum Kampung Vietnam

Museum Kampung Vietnam, Pulau Galang, Kepulauan Riau. (Foto: Instagram/@d3.alindra)

Pulau Galang, Kepulauan Riau pernah menjadi tempat pengungsian warga Vietnam akibat perang saudara yang terjadi di negara berjuluk Negeri Naga Biru tersebut.

Akibat dari peristiwa tersebut, pulau ini memiliki tempat wisata bersejarah bernama Museum Kampung Vietnam.

Museum ini menampilkan barang-barang peninggalan para pengungsi dan foto diri mereka yang dipasang di tempat ini. Foto-foto tersebut dipasang dengan judul "Seribu Wajah Kenangan Camp Sinam Pulau Galang".

Pengunjung yang datang juga bisa melihat beragam peralatan rumah tangga ataupun peralatan kantor Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) saat bertugas di sana. Lokasi yang dikenal dengan nama Kampung Vietnam ini juga memiliki rumah sakit serta penjara yang konon terkenal angker.

2. Pantai Mirota

Pantai Mirota

Pantai Mirota, Pulau Galang, Kepulauan Riau. (Foto: Instagram/bunpiau86)

Pantai Mirota juga menjadi salah satu destinasi wisata alam yang ditawarkan oleh Pulau Galang, Kepulauan Riau. Berlokasi di Desa Sijantung, pantai ini terbilang cukup terawat sehingga selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Pantai Mirota memang dikenal dengan keindahan hamparan pasir putihnya dan pepohonan rindang yang berjajar membentang di sepanjang pantai.

Pengunjung yang datang tentu akan dimanjakan dengan keasrian yang ada di dalam wisata alam tersebut. 

3. Pantai Vio Vio

Pantai Viovio

Pantai Vio Vio, Pulau Galang, Kepulauan Riau. (Foto: Instagram/@jelajahbatam/andricahyonoo)

Pantai Vio-vio sebagai salah tempat wisata yang populer di Pulau Galang dan disebut-sebut bidadari pantai di Kota Batam lantaran kecantikannya.

Destinasi wisata alam satu ini terletak tidak jauh dari jembatan tuanku tambusai atau yang lebih dikenal dengan nama jembatan 5 barelang.

Untuk sampai di sana, pengunjung harus memperhatikan petunjuk arah yang berada di kiri jalan sesudah melewati Pantai Mirota terlebih dahulu.

Keindahan panorama yang diberikan di tempat ini tentu menjadi hal yang tak terlupakan bagi wisatawan.

4. Pantai Melur

Pantai Melur

Pantai Melur, Pulau Galang, Kepulauan Riau. (Foto: Instagram/@bahtiar.setiawan)

Obyek wisata alam ini juga populer di Pulau Galang, Kepulauan Riau. Berjarak kurang lebih hanya satu kilometer dari kawasan wisata perkampungan Vietnam, pantai ini memiliki segudang cerita sejarah dari para pengungsi Vietnam kala itu.

Wisatawan akan disajikan dengan keindahan pasir putih berkilau yang dimiliki Pantai Melur. Laut di pantai yang memiliki lebar 20-30 meter dan panjang sekitar 100-200 meter ini, tidak berkarang serta landai, sehingga pengunjung bisa melakukan kegiatan renang dengan aman sampai jarak 500 meter dari bibir pantai.

5. Pantai Cakang

Pantai CakangPantai Cakang, Pulau Galang, Kepulauan Riau. (Foto: Instagram/@nashir.ab)

Pantai Cakang merupakan salah satu pantai yang berada di kawasan Pulau Galang dan paling ujung di Kota Batam. Keindahan panorama yang ditawarkan di tempat ini tentu menjadi daya tarik wisatawan, khususnya untuk mengabadikan foto. Apalagi jika berkunjung pada sore hari, pemandangan sunset menjadi suatu hal yang ditunggu-tunggu.

Pantai ini dikelilingi lingkungan hijau, seperti pepohonan, taman bunga, sehingga terlihat masih asri. Selain itu, pantai ini ditata cukup rapi dengan beton-beton, tangga yang diukir, serta fasilitas lainnya, seperti ayunan, pondok-pondok kecil, dan pelataran kayu yang menjorok ke pantai. []

Baca juga:

Berita terkait
Wisatawan Tak Tahu Ragunan Ditutup Efek Corona
Wisatawan tidak tahu Kebun Binatang Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, ditutup untuk mencegah penyebaran virus corona Covid-19.
Insentif Pariwisata 443 M Baiknya untuk Cegah Corona
Anggota Komisi IX DPR M Nabil sebut Insentif pariwisata Rp 443,39 miliar sebaiknya dialihkan ke pos yang membutuhkan yaitu pelayanan kesehatan.
Wisatawan Australia Pulang Pakai Pesawat Carteran
Wisatawan asal Australia yang menumpangi kapal pesiar MS Coral Adventure dikhabarkan akan balik ke Australia menggunakan pesawat carteran.
0
Lima Wisata di Pulau Galang Tempat Isolasi Corona
Pulau Galang, Kepulauan Riau menjadi tempat isolasi virus Corona di Indonesia, menyimpan banyak wisata menarik.