UNTUK INDONESIA
Pantai Lumban Bulbul Toba, Wisata Berbasis Homestay
Plang berbahan pelat besi itu menyambut pengunjung di Desa Lumban Bulbul, Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara.
Pengunjung menikmati Pantai Bulbul di Desa Lumban Bulbul, Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara pada Kamis, 12 Maret 2020. (Foto: Tagar/Jumpa P Manullang)

Balige - Selamat datang di desa wisata berbasis homestay Lumban Bulbul. Plang berbahan pelat besi itu menyambut pengunjung di Desa Lumban Bulbul, Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara.

Lokasi ini satu tempat wisata yang unik di kawasan Danau Toba. Di sana terdapat beberapa titik atau spot wisata cocok buat foto selfie dengan latar bias warna kebiruan Danau Toba.

Cukup dengan menggunakan kamera smartphone, bisa menghasilkan foto yang menakjubkan dan eksotis, baik saat suasana pagi maupun sore hari. Bahkan saat siang hari sekalipun di bawah sengatan teriknya matahari, hasil jepretan foto di pantai itu cukup membuat takjub.

Saat Tagar menginjakkan kaki di sana pada Kamis, 12 Maret 2020, tampak sepanjang bibir Pantai Lumban Bulbul, ramai pengunjung. Mereka rata-rata dari kalangan kawula muda.

Salah satunya rombongan mahasiswa dari Kota Medan. Mereka begitu asyik menikmati wahana permainan di Pantai Bulbul, Danau Toba.

Pantai Bulbul TobaPengunjung menikmati permainan Banana Boat yang ditarik dengan jetski di Pantai Bulbul Desa Lumban Bulbul, Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara pada Kamis, 12 Maret 2020. (Foto: Tagar/Jumpa P Manullang)

"Kami sengaja datang mengunjungi Bulbul ini setelah dapat kabar tentang menariknya pantai berpasir putih ini dari teman," kata Yuni, mahasiswi tingkat akhir salah satu perguruan tinggi di Medan.

Selain wahana spot foto selfie, pelaku usaha di tempat itu juga menyuguhkan beragam fasilitas yang dipercaya bisa memberi kepuasan untuk pengunjung. 

Seperti wahana olahraga air penantang adrenalin di dalam air berkedalaman, banana boat yang ditarik dengan jetski, solu-solu dan kapal kecil berpenumpang puluhan orang untuk mengarungi indahnya Danau Toba.

Kemudian untuk berteduh sambil merasakan angin pantai, sudah berjejer di sana belasan pondok berbentuk panggung, lengkap dengan layanan tikar yang disewakan.

Harga untuk sewa sejumlah fasilitas di sana cukup terjangkau. Harga sewa tikar misalnya, dibanderol Rp 20 ribu di hari biasa, dan di hari libur harga itu bisa naik.

Pantai Bulbul TobaRumah singgah atau homestay dengan harga terjangkau buat pengunjung di Pantai Bulbul, Desa Lumban Bulbul, Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara pada Kamis, 12 Maret 2020. (Foto: Tagar/Jumpa P Manullang)

Beberapa pengusaha di lokasi itu mengungkapkan, biaya retribusi fasilitas itu dipungut salah satunya untuk ongkos kebersihan.

"Biaya sewa tikar dalam pondok dipakai untuk menjaga kebersihan pantai, demi keindahan pantai jangka panjang, Pak, " tutur salah seorang pengelola di sana.

Dan bagi pengunjung atau wisatawan yang niatnya berhari-hari di Lumban Bulbul Balige, di sana juga sudah tersedia rumah singgah atau homestay dengan harga terjangkau. 

Tunggu apa lagi, siapkan waktumu untuk mengunjungi pantai indah yang berada di tepian Danau Toba itu. []

Berita terkait
Tuan, Kembalikan Tulisan Bung Karno dari Danau Toba
Dalam lawatan Tuan di Danau Toba, saya lihat Tuan menyeberangi danau naik speedboat menuju Grand Inna Hotel Parapat untuk beristirahat.
Raja Belanda di Samosir Minum Wine dari Mangga Toba
Raja dan Ratu Belanda memberikan apresiasi ketika mengunjungi Eco Village Tourism di Kabupaten Samosir.
Raja dan Ratu Belanda Pakai Ulos Kehormatan Toba
Raja Belanda Willem Alexander dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti menyaksikan secara langsung pembuatan ulos Batak Toba.
0
Pantai Lumban Bulbul Toba, Wisata Berbasis Homestay
Plang berbahan pelat besi itu menyambut pengunjung di Desa Lumban Bulbul, Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara.