Jakarta, (Tagar 16/4/2018) - Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan Arsul Sani menilai pernyataan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais merangsang pertengkaran anak bangsa satu sama lain, karena pernyataannya cenderung menimbulkan kontroversi.

"Pernyataannya yang seperti itu saya kira bukan yang kemudian menjadi produktif, bukan kemudian menciptakan atau merangsang kita untuk berpikir, tapi merangsang untuk bertengkar satu sama lain," ujarnya di Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (16/4/2018).

Meski sebenarnya Arsul tahu maksud Amien Rais bukan untuk menciptakan pertengkaran, namun menurutnya di hari tuanya Amien Rais sebaiknya memberikan pernyataan yang bijak. Bukan justru mengeluarkan pernyataan dengan diksi yang menimbulkan perpecahan masyarakat.

"Kita minta kepada Pak Amien, di hari tua beliau itu supaya pernyataan-pernyataan beliau itu lebih bijak. Diksi-diksi yang dipilih yang dipergunakan itu tidak kemudian malah menimbulkan keterpecahbelahan antara warga kita, antara anak-anak bangsa ini sendiri,” tuturnya.

Walaupun pernyataan Amien menimbulkan kontroversi, menurut Arsul tak lantas harus diselesaikan melalui jalur hukum, karena tidak semua masalah harus diselesaikan melalui jalur hukum.

"Sekai lagi yang ingin kita tekankan adalah agar beliau itu sekali lagi di hari tuanya itu supaya lebih bijak. Kalau saya berpendapat, sudahlah yang begitu-begitu tidak harus kemudian diselesaikan dengan jalur hukum,” tuntasnya. (nhn)