UNTUK INDONESIA
Profil Fachmi Idris, Direktur Utama BPJS Kesehatan
Fachmi Idris dua periode menjabat Direktur Utama BPJS Kesehatan. Ia seorang dokter dan aktivis Indonesia. Ini profil lengkapnya.
Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris. (Foto: RMOL)

Jakarta - Fachmi Idris lahir di Palembang, 1 Februari 1968, ia adalah seorang dokter dan aktivis Indonesia. Namanya dikenal sebagai direktur utama Asuransi Kesehatan Indonesia, sebelum akhirnya berganti nama menjadi BPJS Kesehatan pada 1 Januari 2014. 

Ia alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya, Sumatera Selatan. Setelah mendapatkan gelar sarjana, Fachmi melanjutkan studi di pasca sarjana Ilmu Kesehatan Masyarakat di Universitas Indonesia hingga 1998 dan berhasil menjadi lulusan terbaik. Gelar doktornya pun diselesaikan di kampus yang sama.

Fachmi membuka praktik di daerah kecil di wilayah Sumatera Selatan. Setelah dua tahun mengabdi, Fachmi dipercaya sebagai Kepala Puskesmas Makarti Jaya, Sungsang, Sumatera Selatan. Dia tercatat menjadi pegawai negeri sipil (PNS) setelah meraih gelar magisternya di Universitas Indonesia.

Selain menjadi dokter, Fachmi juga turut aktif di berbagai organisasi seperti Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan sempat menjabat sebagai ketua pada tahun 2006 selama 3 tahun. Ia juga sempat menjadi ketua Majelis Pimpinan Pusat ICMI pada 2011-2016.

Selain itu, ia pernah menjadi pengurus pusat Dewan Masjid Indonesia 2012–2017, dan Ketua Koordinator Panti Asuhan/Majelis Taklim di bawah Yayasan HM Ali Agam 2006–saat ini.

Kalau ada yang menyatakan pemerintah zalim, pemerintah ini membuat rakyat makin menderita, tidak. Iuran itu ada penelitiannya, jadi masih terjangkau.

Dirut BPJS KesehatanDirut BPJS Kesehatan Fachmi Idris saat diwawancarai usai meninjau Puskesmas Kedungkandang, Kota Malang pada Rabu 11 Maret 2020. (Foto: Tagar/Moh Badar Risqullah)

Pada tahun 2010, nama ayah tiga anak ini sempat mencuat dan digadang-gadang akan menjadi wakil Menteri Kesehatan, Endang Rahayu. Kendati telah menjalani uji kelayakan namun pihaknya harus puas karena tidak memenuhi persyaratan karena tidak pernah menduduki jabatan dengan pangkat eselon IA di Departemen Kesehatan. 

Selanjutnya, Fachmi tetap menjalani kegiatan di berbagai lembaga kesehatan. Setidaknya ia pernah menduduki jabatan penting di pemerintahan, seperti di Asuransi Kesehatan Indonesia (Askes) sejak 2008, di antaranya yaitu Dewan Komisaris, Wakil Ketua Komite Audit, dan puncaknya Direktur Utama PT Askes (Persero).

Fachmi menduduki jabatan Direktur Utama PT Askes hingga berubah nama menjadi BPJS Kesehatan pada 1 Januari 2014. Masa jabatannya berakhir pada 31 Desember 2015. Meski demikian, tidak terjadi kekosongan selama Direktur Utama yang baru belum ditemukan. Karena Fachmi dipercaya sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Dirut BPJS Kesehatan.

BPJS KesehatanDirektur Utama BPJS Kesehatan, Fachmi Idris (kiri), dan Ketua Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) Tubagus Achmad Choesni (tengah) mengikuti rapat kerja gabungan Komisi IX dan Komisi XI DPR RI di Jakarta, Senin 2 September 2019. (Foto: Tagar/ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Dua bulan menjadi Plt Dirut, Fachmi kembali dipercaya dengan terpilih sebagai Dirut BPJS Kesehatan periode kedua. Ia dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada 23 Februari 2016. 

“Kalau ada yang menyatakan pemerintah zalim, pemerintah ini membuat rakyat makin menderita, tidak. Iuran itu ada penelitiannya, jadi masih terjangkau,” kata Fachri Idris di kantor pusat Kementerian Kesehatan di Jakarta Pusat, Jumat, 1 November 2019. Ia mengatakan ini menanggapi suara sumbang tentang iuran BPJS Kesehatan. 

Keluarga

Orang Tua : Ali Agam

Istri : Rini Purnamasari

Anak : Ridho Fachri M.

Rizqy Fachri M.

Rifa Rahma A.

Pendidikan

  1. Fakultas Kedokteran Unsri (1986–1993)
  2. Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Program Pascasarjana UI (1996–1998)
  3. Doktor Ilmu Kesehatan Masyarakat UI (1998–2003)

Karier

  1. Dosen FK UNSRI (1997–Sekarang)
  2. Ketua Ikatan Dokter Indonesia (2006–2009)
  3. Ketua Koordinator Panti Asuhan/Majelis Taklim di bawah Yayasan HM Ali Agam (2006-Sekarang)
  4. Dewan Pengawas RS Moh. Husin Palembang (BLU) (2007–2011)
  5. Dewan Komisaris PT Askes (Persero) (2008–Sekarang)
  6. Wakil Ketua Komite Audit PT Askes (Persero) (2009–2011)
  7. Ketua Majelis Pimpinan Pusat ICMI (2011–2016)
  8. Dewan Masjid Indonesia (2012–2017)
  9. Dirut PT Askes (Persero) (2013–2014)
  10. Dirut BPJS Kesehatan (2014–2015)
  11. Plt Dirut BPJS Kesehatan (2016)
  12. Dirut BPJS Kesehatan (2016–Sekarang). []

Baca juga:

Berita terkait
Pengembalian Iuran BPJS Tunggu Rakor Menko PMK
Dirut BPJS Kesehatan Fachmi Idris mengungkapkan akan ada rakor dengan Menko PMK dan Menkeu terkait pembatalan kenaikan iuran pasca putusan MA.
Suntikan Dana Pemerintah Untuk BPJS
Berapa saja jumlah suntikan dana dari pemerintah untuk BPJS?
Fahmi Idris Bantah Khianati DPR Soal Kenaikan BPJS
Direktur Utama BPJS Kesehatan Fahmi Idris membantah bersikeras tetap menaikkan iuran BPJS Kesehatan kelas III usai berunding dengan DPR.
0
Layanan SKCK di Sleman Tutup Selama Wabah Corona
Polres Sleman menutup layanan SKCK selama status tanggap darurat bencana Corona.