UNTUK INDONESIA
Profil Pangeran Charles, Calon Raja Inggris
Pangeran Charles positif terjangkit virus corona Covid-19. Ini profil lengkap calon penerus tahta kerajaan Britania Raya, calon Raja Inggris itu.
Pangeran Charles. (Foto: Morocco World News)

Jakarta - Pangeran Charles memiliki nama lahir Charles Philip Arthur George. Ia lahir di Buckingham Palace, Kota London, 14 November 1948. Charles merupakan anak tertua dari Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip.

Sebagai anak tertua, Charles ditetapkan sebagai calon penerus tahta kerajaan Britania Raya atau bisa disebut sebagai calon Raja Inggris. Seperti Ratu Elizabeth II, Charles akan memimpin 16 anggota negara Persemakmuran. Charles menjadi Pangeran Wales sejak tahun 1952, menjadikannya sebagai orang terlama yang menyandang gelar tersebut sepanjang sejarah. 

Masa kecilnya dihabiskan dengan berpindah-pindah sekolah. Ia memulai pendidikannya di Hill House School kemudian pindah ke Cheam Preparatory School dan akhirnya pindah ke Gordonstoun, Skotlandia.

Pangeran Charles dikenal sebagai murid menonjol karena memiliki kecerdasan dalam bersekolah. Selain menimba ilmu di Skotlandia, ia juga belajar di Australia. Usai lulus sekolah menengah atas, Charles kemudian melanjutkan studinya dengan masuk di University of Cambridge di jurusan Arkeologi dan sejarah. Ia juga sangat menyukai olahraga polo sehingga ia aktif dalam tim olahraga kampus.

Kamu baik sekali, dan bisa tahu ukuran tubuhku. Aku kesulitan menjaga ukurannya tetap sama.

Pangeran CharlesPangeran Charles. (Foto: Getty Images/hellomagazine.com)

Pada tahun 1970, Charles menyelesaikan kuliahnya di Trinity College. Ia kemudian melanjutkan pendidikan masternya di universitas yang sama. Selain kuliah di Cambridge, ia juga kuliah di University of Wales dengan mempelajari bahasa serta sejarah.

Dalam kunjungannya di workshop desainer Emma Willis di Gloucester, Inggris. Ketika mendapat hadiah sebuah jas dari Emma, penjahit langganannya, Pangeran Charles mengeluarkan kelakar tentang tubuh ideal. Ia mengaku sulit menjaga tubuhnya agar tetap terkontrol. Ia juga berterima kasih kepada Emma karena mengetahui ukuran tubuhnya dengan tepat selama bertahun-tahun.

"Kamu baik sekali, dan bisa tahu ukuran tubuhku. Aku kesulitan menjaga ukurannya tetap sama. Ini adalah perjuangan yang tidak pernah berakhir," katanya seperti dilansir dari Daily Mail, Jumat, 21 Februari 2020.

Dinobatkan Sebagai Pangeran Wales

Pada tanggal 26 Juli 1958, Pangeran Charles dinobatkan sebagai Pangeran Wales. Sebagai seorang pangeran, ia mengerjakan berbagai tugas publik. Salah satunya adalah mendirikan yayasan Amal pada tahun 1976 serta melakukan kunjungan kerja resmi.

Kendati demikian, Pangeran Charles juga ikut bergabung dalam skuadron Royal Air Force Kerajaan Inggris dan menjadi pilot.

Pangeran CharlesPangeran Charles pada saat mengunjungi Papua New Guinea 13 September 1975. (Foto: princeofwales.com)

Hubungannya dengan perempuan selalu menjadi sorotan publik, banyak wanita dihubung-hubungkan memiliki kedekatan dengan dirinya. Seperti Georgiana Russell, Jane Wellesley, Davina Sheffield, Sarah Spencer, dan Camilla Shand.

Dalam biografi Pangeran Charles diketahui ia pernah melamar wanita bernama Amanda Knatchbull yang merupakan cucu dari Louis Mountbatten. Namun karena beberapa peristiwa yang terjadi pada keluarga Amanda Knatchbull terutama terbunuhnya Louis Mountbatten sehingga Amanda Knatchbull menolak lamaran Pangeran Charles.

Menikah dengan Putri Diana

Pangeran Charles menikahi Putri Diana yang kemudian dikenal sebagai Princess of Wales. Pernikahan itu berlangsung 29 Juli 1981. Pernikahannya dengan putri Diana dikenal sebagai Royal Wedding abad itu.

Dari perkawinan keduanya dikaruniai dua orang anak, yakni Pangeran William dan Pangeran Harry. Namun perkawinan mereka kemudian resmi berakhir pada 1996 setelah bersama selama 15 tahun. Pada tahun 1997, Putri Diana meninggal secara tragis akibat kecelakaan mobil di Perancis, 31 Agustus 1997.

Pangeran CharlesPangeran Charles pada saat melayani sebagai sub letnan di jembatan Frigate Minerva di Devonport pada 12 Februari 1973. (Foto: princeofwales.com)

Selanjutnya, pada 9 April 2005, Charles menikah untuk kedua kalinya dengan perempuan bernama Camilla Parker Bowles yang merupakan kekasihnya sebelum menikahi Putri Diana. Mereka berdua menikah di Kapel Santo Georgius.

Kehidupan cinta Charles menjadi sorotan media serta menarik perhatian masyarakat umum. Namanya telah beberapa kali dihubung-hubungkan dengan beberapa wanita, namun pernikahannya dengan Camilla akhirnya mengakhiri desas-desus yang beredar. []

Baca juga:

Berita terkait
Profil Fachmi Idris, Direktur Utama BPJS Kesehatan
Fachmi Idris dua periode menjabat Direktur Utama BPJS Kesehatan. Ia seorang dokter dan aktivis Indonesia. Ini profil lengkapnya.
Profil Raja Jogja Sri Sultan Hamengku Buwono X
Sri Sultan Hamengku Buwono X memutuskan situasi tanggap darurat bencana virus corona Daerah Istimewa Yogyakarta. Ini profil lengkap Sang Raja.
Profil Yana Mulyana, Wakil Wali Kota Bandung
Ia mengumumkan sendiri bahwa dirinya positif corona Covid-19. Seketika ia menjadi buah bibir. Ini profil Yana Mulyana, Wakil Wali Kota Bandung.
0
Profil Pangeran Charles, Calon Raja Inggris
Pangeran Charles positif terjangkit virus corona Covid-19. Ini profil lengkap calon penerus tahta kerajaan Britania Raya, calon Raja Inggris itu.