Jakarta - Telkomsel terus berupaya maksimal untuk memulihkan layanan telekomunikasi akibat bencana banjir bandang yang terjadi di sejumlah wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Prioritas utama pemulihan jaringan dan layanan, difokuskan pada beberapa area vital yang menjadi pusat penanggulangan bencana, seperti Kantor Pemerintahan, Kepolisian, Posko Pengungsian, Rumah Sakit dan Posko BASARNAS.
Paket khusus dapat digunakan untuk akses bebas telepon dan SMS ke semua operator selama 50 menit dan 250 SMS untuk pengguna prabayar, dan bebas telepon 100 menit ke sesama pelanggan Telkomsel bagi pengguna pascabayar.
Pemulihan jaringan di wilayah tersebut, guna mempercepat proses evakuasi dan bantuan penanggulangan bencana, dimana komunikasi menjadi sangat penting, khususnya untuk mengabarkan keluarga, dan koordinasi dengan tim terkait seperti SAR, BNPB, dan TNI-Polri, serta pengkinian informasi terkait wilayah bencana kepada pihak-pihak yang berkepentingan.
Manager Corporate Communications Telkomsel Area Jawa Bali, Erwin Kusumawan mengatakan, terkait hal itu pihaknya terus berupaya mendukung kelancaran komunikasi bagi semua pihak dengan mengoperasikan Mobile Backup Power (MBP) atau genset ke BTS di lokasi terdampak yang membutuhkan pendukung catuan daya listrik, serta menghadirkan paket khusus bebas telepon agar proses komunikasi dan evakuasi di wilayah tersebut berjalan dengan lancar.
“Paket khusus dapat digunakan untuk akses bebas telepon dan SMS ke semua operator selama 50 menit dan 250 SMS untuk pengguna prabayar, dan bebas telepon 100 menit ke sesama pelanggan Telkomsel bagi pengguna pascabayar, dengan masa aktif selama 7 hari sejak aktivasi,” terang Erwin berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Tagar, Sabtu, 10 April 2021.

Paket tersebut dapat diaktifkan melalui UMB *888*20# atau dengan mengirimkan SMS dengan ketik NTT (untuk pengguna prabayar) atau NTTKH (untuk pengguna pascabayar), lalu kirim ke 8999, dengan periode aktivasi paket mulai tanggal 7 sampai 13 April 2021, dan berlaku maksimal satu kali aktivasi untuk tiap pelanggan.
Paket khusus bebas telepon dan SMS ini, dapat dinikmati pelanggan Telkomsel di sejumlah wilayah di Provinsi Nusa Tenggara Timur, antara lain Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Kabupaten Malaka, Kabupaten Rote Ndao, Kabupaten Sabu Raijua, Kabupaten Sumba Timur, Kabupaten Flores Timur, dan Kabupaten Lembata.
Selain mendorong percepatan pemulihan jaringan telekomunikasi secara menyeluruh dan menghadirkan layanan bebas telepon dan SMS untuk pelanggan di wilayah terdampak, Agar dapat memudahkan proses evakuasi yang dilakukan oleh para relawan, Telkomsel mengirimkan tim unit siaga bencana yang bekerjasama dengan BNPB yang bernama tim TERRA (Telkomsel Emergency Response & Recovery Activity) dari wilayah terdekat bencana.
- Baca juga : Telkomsel Gelar Program MikroMaju Perkuat Kapabilitas Digital UMKM
- Baca juga : Telkomsel Kembali Jadi Penyumbang Pajak Terbesar 2020
Tujuannya untuk membantu proses percepatan evakuasi dan mendirikan beberapa posko bantuan seperti di Kantor Walikota Kupang, Kantor BPBD Kupang dan Gereja Bethel Oespa bagi para korban yang terdampak.
Selain mendorong proses percepatan pemulihan jaringan telekomunikasi dan evakuasi para korban, Telkomsel juga menyalurkan bantuan sosial kemanusian sebagai bentuk kepedulian kepada para korban seperti bantuan paket sembako makanan siap saji perlengkapan kebutuhan bayi dan perlengkapan protokol Kesehatan. []