Jakarta - Raffi Ahmad menjadi satu dari sekian banyak selebritis sekaligus presenter Tanah Air yang terjun menjadi YouTuber. Dari satu video yang diunggahnya, Raffi sempat mengantongi penghasilan Rp 5 miliar.
Hal itu terungkap ketika Raffi berbincang dengan raja kuis Helmy Yahya. Pada awalnya, suami Nagita Slavina alias Gigi tersebut membeberkan jumlah subcribers dari kanal YouTube Rans Entertainment kemudian berbicara tentang pendapatannya dari YouTube.
"Sekarang 16,1 juta subcribers sih, pendapatan dari YouTube sih beda-beda ada dari adsense ada dari sponsor," kata Raffi di akun YouTube Helmy Yahya Bicara.
Waktu bulan puasa kemarin satu hari pernah [unggah] 10-15 video.
Raffi mengungkapkan sempat mendapat pemasukan miliaran rupiah hanya dari satu video yang diunggahnya. "Paling tinggi, hampir Rp 5 miliar per bulan. Tapi kan, semuanya tergantung sama kita [rajin unggah video]," ujarnya.
Mendengar jawaban Raffi, Helmy terkejut. "Wow... Tiap hari itu berapa [unggah] video?" tanya Helmy.
Raffi Ahmad dan istri Nagita Slavina mengapit anak mereka, Rafathar. (Foto: Instagram/Raffinagita1717)
Raffi mengatakan YouTube yang dikelolanya pernah mengunggah hingga belasan video dalam satu hari. Namun, itu terjadi pada saat bulan Ramadan kemarin.
"Waktu bulan puasa kemarin satu hari pernah [unggah] 10-15 video. Itu waktu puasa ya. Tapi sekarang, stabilnya unggah 2-3 video lah," jawab Raffi.
Baca juga:
- Calvin Jeremy Bahas Cium Nikita Willy Bareng Ibunda
- DJ Dinar Candy Ngaku Tak Perawan Akibat Orang Italia
- Jerinx SID Siap Salami Pasien Positif Covid-19 Tanpa APD
Besarnya kuantitas Raffi mengunggah video di YouTube membuat Helmy penasaran apa saja konten yang disorot. Ia kemudian bertanya apakah banyaknya video yang diunggah Raffi selain dari kesehariannya, dari rekaman anaknya Rafathar dan istrinya Nagita Slavina alias Gigi juga.
"Makanya di rumah itu semuanya produksi ya? Raffatar sendiri, Gigi Sendiri," tanya Helmy.
Raffi mengatakan hal itu dilakukan karena ia belajar dari kesibukannya mengisi acara di TV nasional. Menurutnya, strategi untuk YouTube dan TV tak berbeda tetapi tetap tak bisa disamakan.
"Ya kalau YouTube kan lebih personal, mas. Contoh misalnya, TV 20 program dalam sehari, tapi yang paling bisa diingat paling 4-5 program. Nah, sama dengan YouTube saat kita menunjukan personal, kita bisa kembangin," terang Raffi.
Raffi menjelaskan ia memiliki strategi untuk akun-akun YouTube yang dikelolanya lewat Rans Entertainment, dengan membedakan segmen masing-masing berdasarkan jawal tayang. "Belajar dari TV; tayangan pagi, siang, dan malam. Misal pagi Rafathar, siang Gigi, sore gua, malam gabungan," tutur dia.