Jakarta, (Tagar 16/4/2018) - Komisioner KPU Hasyim Asy'ari dilaporkan oleh Sekretaris Jenderal Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Imam Anshori Saleh ke Polda Metro Jaya, Senin (16/4), terkait kasus penyebaran hoax alias kabar bohong.

Hasyim sendiri dilaporkan oleh kuasa hukum Iman Anzhori yang bernama Reinhard Holomoan. "Saya dapat kuasa dari Sekjen  PKPI melaporkan komisioner KPU Hasyim Asy'ari atas nama pribadi," kata Reinhard di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (16/4).

Dia mengatakan pihaknya melakukan pelaporan tersebut karena Hasyim telah menyebarkan berita bohong yang menyatakan PKPI bisa gugur menjadi peserta pemilu jika KPU melakukan upaya banding atau peninjauan kembali terhadap putusan PTUN.

"Kenapa itu dikatakan bohong, yaitu karena undang-undang pemilu menyatakan putusan PTUN itu final dan mengikat dan diperkuat oleh MA (Mahkamah Agung) bahwa putusan PTUN itu tidak bisa dibanding, kasasi maupun PK (peninjauan kembali). Jadi itulah berita bohong yang disampaikan Hasyim Asy'ari," ucap Reinhard.

Terhadap pernyataan Hasyim tersebut, dia menilai dapat menurunkan kepercayaan kader terhadap partai.

"Hal ini berdampak kepada kader PKPI dimana di tengah masa persiapan yang sangat minim, berita tidak benar ini menjadi semacam teror kepada stakeholder dan kader yang akan menurunkan kepercayaan kepada PKPI," ujarnya. (ron)