UNTUK INDONESIA
Sensasi Kopi Durian Berpadu Kecap Manis di Sleman
Kopi durian berpadu kecap manis di Sleman, Yogyakarta memberi sensasi tersendiri. Silakan mencobanya.
Kopi durian berpadu kecap manis di Sleman. (Foto: Twitter/Tagar/Ridwan Anshori)

Sleman - Pernah menikmati kopi durian? Enak bukan? Penyuka kopi tentunya pernah sesekali mencicipi segelas kopi dengan toping buah durian. Namun bagaimana rasanya jika menikmati kopi buah durian yang dicampur dengan kecap manis?

Bukan hal yang tidak mungkin, karena kopi durian X kecap manis bisa ditemui di salah satu kedai kopi Senja and Memories di Jalan Tata Bumi, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Kedai tersebut menyuguhkan sensasi baru bagi para menyuka kopi.

Kedai yang buka selama 24 jam tiap hari ini, menyediakan varian tak biasa bagi penikmat kopi dan juga buah durian. Kecap manis yang notabennya dipakai untuk bumbu masak, kali ini disajikan dalam minuman sejuta umat, yaitu kopi.

Minuman kopi yang dicampur dengan durian serta tambahan kecap manis itu dikemas di dalam sebuah cup plastik. Memang, minuman ini direkomendasikan untuk diminun dengan keadaan dingin.

Pemilik kedai Senja and Memories, Yudi Tri Sanjaya mengaku varian minuman kopi durian sendiri diciptakan pada awal Maret 2020 lalu. Mulai dari penemuan rasa sampai bisa disajikan. Faktanya kecap manis menjadi pengganti gula.

"Kecap manis ini saya pilih salah satunya untuk pengganti gula. Varian ini sebenarnya baru diluncurkan 5 Maret 2020 lalu. Kebetulan saya bekerja sama dengan salah satu brand," kata Yudi di warungnya pada Sabtu, 21 Maret 2020.

Yudi mengatakan, minuman kopi durian X kecap manis terbesit secara spontan. Menentukan takaran dan rasa pada minuman tersebut, Yudi membutuhkan waktu dua hari. Selain itu, dia juga ingin memanfaatkan buah durian yang belakangan ini mudah ditemukan.

"Awalnya (kecap) saya campurkan dengan kopi dan susu, tapi rasanya tidak cocok. Namun saya coba lagi dengan kopi dengan campuran durian. Karena waktu itu memang musim durian. Saya sendiri penyuka durian. Kok cocok," kata dia.

Kopi Durian berpadu Kecap Manis di SlemanSensasi menikmati Kopi Durian berpadu Kecap Manis di Godean, Sleman, Yogyakarta. (Foto: Tagar/Evi Nur Afiah).

Satu gelas plastik kopi durian X kecap Manis terdapat komposisi campuran sedikit susu, kopi mixing antara robusta dan arabica, durian serta creamer. Untuk harganya sendiri dijual dengan kisaran Rp 30.000. "Gulanya sedikit untuk penyatu rasa. Kecapnya sendiri saya beri kisaran tiga sendok makan," ucapnya.

Kopi Durian Laris Manis di Malaysia

Kendati demikian, Yudi menyarankan bahwa kopi durian ini dianjurkan untuk orang yang memiliki tensi rendah. Semua orang bisa menikmati varian kopi ini. Namun begitu jika orang tidak suka kopi, bisa memesan dengan campuran susu, durian ditambah kecap manis.

Seorang pembeli bernama Baktora, 26 tahun, mengatakan rasanya memang dominan durian. "Karena saya suka durian, ini masih cukup enak dinikmati. Tapi kecapnya saya bisa rasakan sedikit," kata dia.

Kehadiran Kopi Durian X Kecap Manis sendiri juga menjadi perdebatan. Salah seorang penikmat kopi, Ridwan Alfian, 27 tahun, menuturkan rasa durian memang lebih terasa. "Rasa duriannya memang lebih banyak. Tapi ada sedikit rasa pahit. Mungkin dari campuran kopinya," ungkap dia.

Ridwan mengatakan, minuman yang dicampur dengan kecap, rasa kecap sendiri tak begitu terasa. "Rasa kecapnya tidak begitu terasa namun paduan kopi dan duriannya, oke juga untuk penyuka durian dan kopi seperti saya," ucapnya.

Sementara itu, kabar yang berkembang di kalangan masyarakat bahwa menyantap buah durian bersamaan meminum kopi, bisa membuat orang tersebut limbung dan akhirnya semaput hingga meninggal. Apakah betul demikian.

Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Prof. dr. Hari Kusnanto, Dr.PH mengungkapkan, mengonsumsi kopi plus buah durian boleh-boleh saja. "Enggak masalah, kopi durian banyak diproduksi di Malaysia dan laku termasuk diimpor oleh Indonesia," kata dokter Hari saat dihubungi Tagar.

Kendati demikian, pencinta kopi durian tetap tidak boleh mengonsumsi dengan berlebihan. "Tapi durian kalau kebanyakan juga tidak baik untuk kesehatan. Yang wajar saja," katanya. []

Baca Juga:

Berita terkait
Denny Siregar: Saatnya Kembali ke Kopi Tiga Ribuan
Mulai kencangkan ikat pinggang, kawan. Berhemat apa yang bisa dihemat. Guncangan di depan akan semakin kuat. Tulisan Denny Siregar.
Ramai di Warung Kopi, Warga Abdya Masih Cuek Corona
Di tengah isu corona atau Covid-19, masih banyak warga Aceh Barat daya yang bertahan di sejumlah warug kopi.
Warung Kopi di Aceh Tetap Ramai di Tengah Isu Corona
Meski sudah diimbau oleh pemerintah agar menghindari tempat keramaian, namun sejumlah warung kopi di Kota Banda Aceh tetap ramai seperti biasanya.
0
Sensasi Kopi Durian Berpadu Kecap Manis di Sleman
Kopi durian berpadu kecap manis di Sleman, Yogyakarta memberi sensasi tersendiri. Silakan mencobanya.