Jakarta - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) membukukan penjualan retail sales kendaraan roda empat (4W) dan roda dua (2W) sebanyak 174.726 unit sepanjang 2019. Angka tersebut terbagi atas 102.865 unit roda empat dan 71.861 unit roda dua.
President Director PT SIS Seiji Itayama, mengucapkan terimakasih kepada semua pelanggan atas dukungan dan kepercayaan untuk selalu menggunakan produk kendaraan Suzuki.
"Terima kasih atas kepercayaan dan dukungan pelanggan selama tahun 2019 untuk terus memilih mobil Suzuki. Pencapaian angka penjualan ini membuktikan bahwa Suzuki masih menjadi mobil pilihan yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan di Indonesia," kata Presiden Director PT SIS Seiji Itayama, Selasa, 4 Februari 2020.
Mobil
Kontribusi terbesar penjualan mobil Suzuki sepanjang 2019 disumbang oleh New Carry sebanyak 54.943 unit dan All New Ertiga yang mencapai 26.377 unit. Penjualan produk lokal Suzuki berkontribusi sebesar 87,1 persen terhadap angka penjualan Suzuki secara nasional.
Tidak hanya itu, di tengah penurunan pasar otomotif sebesar 11 persen pada 2019, Suzuki mampu mempertahankan posisinya sebagai merek mobil yang dipilih masyarakat Indonesia melalui dominasi Carry Pick Up, yang sekaligus merajai segmen low pick-up dengan pangsa pasar sebesar 56,8 persen.
Sepanjang 2019, Suzuki telah meluncurkan rangkaian produk mobil baru yang terdiri dari All New Ertiga Suzuki Sport (Maret), New Carry Pick Up (April), Jimny (Juli), dan New Baleno (Desember).
Sepeda Motor
Berdasarkan data resmi Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), dengan angka penjualan wholeshale yang mencapai 71.861 unit, Suzuki berhasil menempatkan posisi di daftar tiga besar Agen Pemegang Merek (APM) produk sepeda motor.
Pun demikian, angka penjualan tersebut mengalami penurunan dari tahun 2018 yang mencapai 89.508 unit, bahkan masih kalah dengan pencapaiannya di tahun 2017, yang berhasil menjual sebanyak 72.191 unit.
Suzuki Address FI. (Foto: Suzuki Indonesia)
Pencapaian penjualan sepeda motor Suzuki di 2019 didominasi oleh penjualan Suzuki NEX II dan Satria F150, dengan kontribusi sebesar 78 persen terhadap penjualan nasional.
"Angka tersebut merupakan kebanggan bagi kami dan akan menjadi motivasi kami untuk terus meningkatkan layanan dan menghadirkan produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia," ujar Department Head of Sales & Marketing 2W PT SIS Yohan Yahya, di Jakarta, Selasa, 4 Februari 2020.
Sepanjang 2019, Suzuki telah menghadirkan produk sepeda motor baru untuk memperkuat strategi penjualannya. Produk-produk tersebut antara lain GSX-R150 Matte Red Edition, GSX-R150 new feature & color 2019, GSX-S150 new feature & color 2019, Address new color 2019, Address Playful new color 2019, NEX II Cross, NEX II new color 2019, dan Satria F150 new color 2019.

Target Suzuki 2020
Memasuki tahun 2020, Suzuki menargetkan market share sebesar 12 persen. Selain itu, Suzuki juga menargetkan ekspor mobil di 2020 sebanyak 69.000 unit dalam segmen completely knock-down (CKD) dan completely built-up (CBU).
"Pada 2020 target market share kami 12 persen, naik sekitar 2 persen dari 2019. Untuk mobil, kami masih mengandalkan pick-up sebagai back bone penjualan Suzuki," kata MArketing Director 4W PT SIS Donny Saputra.
Pada tahun ini, Suzuki juga akan meningkatkan layanan purna jualnya dengan membuka enam diler baru untuk kendaraan roda empat yang memiliki fasilitas 3S (Sales, Service, Spare Part). Selain itu, Suzuki juga telah membuka Part Depo baru untuk memastikan ketersedian dan distribusi spare part dapat terjamin dan dapat memperluas akses ke konsumen.
Tidak hanya itu, pada 2020 Suzuki juga akan menghadirkan produk-produk baru, baik mobil atau pun sepeda motor sebagai strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan Suzuki.
"Pada 2020, kami perkirakan kondisi pasar masih sama seperti 2019. Kedepannya, kami akan menghadirkan beberapa model baru dan juga akan melakukan refreshment terhadap produk yang sudah ada di pasaran," kata Yohan. []