Jakarta - Telkomsel berhasil meraih tiga penghargaan sekaligus dalam Indonesia Customer Experience Award 2020 yang diumumkan melalui webinar bertema "New Strategies in Managing Customer Experience: How to Respond Digital Disruption and Pandemic Challenge" pada 17 Desember 2020.
Ketiga penghargaan itu, didapatkan untuk produk dan layanan Telkomsel yang dinilai telah mampu mengelola pengalaman pelanggan secara positif, yaitu simPATI, GraPARI, dan Telkomsel Orbit.
Ke depan, Telkomsel akan mengembangkan transformasi digital perusahaan sebagai leading digital telco company lebih jauh lagi dengan terus berinovasi dan menjadi pintu gerbang solusi dan inovasi digital.
"Pencapaian ini menjadi yang spesial bagi kami karena dengan penghargaan ini menjadi bukti bahwa produk dan layanan kami membawa manfaat untuk masyarakat," kata Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin melalui keterangan tertulis yang diterima Tagar Sabtu, 19 Desember 2020.
"Kami pun memaknai apresiasi tersebut dengan terus bergerak maju memperkuat upaya perusahaan dalam mengedepankan prinsip customer-centric di setiap penyediaan produk dan layanan bagi seluruh segmen pelanggan. Penghargaan ini juga memberikan semangat bagi kami untuk terus memberikan produk dan layanan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di manapun dan situasi apapun," tambahnya.
Indonesia Customer Experience Award, adalah acara penghargaan yang diselenggarakan Majalah SWA bersama Business Digest, lembaga survei yang tergabung di dalam Grup SWA. Penerima penghargaan di acara tersebut adalah merek-merek peraih indeks tertinggi pada survei Indonesia Customer Experience Index (ICX Index) yang melibatkan 3.000 responden dari 6 kota.

Pada survei itu, responden diminta menilai merek-merek yang pernah digunakan berdasarkan 4 variabel, yaitu kognitif, afektif, perilaku, dan sosial, dalam skala 1–10. Secara keseluruhan, terdapat 316 merek dari 110 kategori produk yang berhasil terjaring dari survei ICX Index.
Sebagai pemenang dalam Indonesia Customer Experience Award, Telkomsel dianggap mengusung strategi baru dan terus berinovasi di tengah kondisi industri yang semakin kompleks. Dengan begitu, Telkomsel mampu beradaptasi terhadap berbagai tantangan dan perubahan yang muncul akibat dari pandemi COVID-19.
Ini, tampak dari tiga produk dan layanan Telkomsel yang memenangkan penghargaan sebagai Champion Indonesia Customer Experience 2020, yaitu simPATI (Kategori Prepaid Card), GraPARI (Kategori Customer Touch Point), dan Telkomsel Orbit (Kategori Home Internet Wireless Broadband).
SimPATI, GraPARI, maupun Telkomsel Orbit, konsisten mengutamakan pelanggan di setiap solusi yang diberikan. Melalui simPATI, Telkomsel menghadirkan varian layanan data yang mampu memenuhi berbagai preferensi pelanggan dalam memenuhi gaya hidup gitalnya.
Hal tersebut ditunjukkan dengan ketersediaan paket data OMG!, Combo Sakti, Kuota Ketengan, kartu perdana simPATI Entertainment, hingga paket bundling dengan berbagai layanan digital terdepan, yang kini telah disesuaikan dengan kebutuhan aktivitas digital masyarakat.
- Baca juga : Digital Creative Millennials, Telkomsel Hadirkan FFFes
- Baca juga : Rencana Telkomsel Setelah Menang Lelang Frekuensi 5G
Sementara GraPARI konsisten sebagai unit pelayanan pelanggan yang holistis, dengan mengedepankan konsep layanan berbasis digital, melalui GraPARI Digital dan GraPARI Virtual. Adapun Telkomsel Orbit, selaku solusi internet rumah serba digital, menghadirkan berbagai kemudahan di setiap customer journey. Sehingga Pelanggan bisa dengan mudah melakukan pemesanan, pemasangan, hingga penggunaan yang dapat dilakukan sendiri secara cepat melalui ekosistem digital Telkomsel Orbit yang inklusif.
"Telkomsel mengucapkan terima kasih kepada masyarakat khususnya pelanggan yang telah memberikan kepercayaan penuh atas pemanfaatan produk dan layanan Telkomsel. Ke depan, Telkomsel akan mengembangkan transformasi digital perusahaan sebagai leading digital telco company lebih jauh lagi dengan terus berinovasi dan menjadi pintu gerbang solusi dan inovasi digital yang semakin meningkatkan pengalaman pelanggan dalam memenuhi berbagai kebutuhan telekomunikasi dan digital di kehidupannya sehari-hari,” tutur Denny. []