UNTUK INDONESIA
Tips Asyik Manfaatkan Waktu Isolasi Corona di Rumah
Akibat virus Corona atau Covid-19 membuat banyak orang mulai berkegiatan di rumah dan mengisolasi diri.
Ilustrasi Memasak. (Foto: civileats.com)

Jakarta - Akibat wabah virus Corona atau Covid-19, membuat banyak orang mulai berkegiatan di rumah dan mengisolasi diri. Dalam situasi seperti ini, tentu bisa dimanfaatkan untuk mengerjakan banyak hal yang sebelumnya tertunda.

Tidak sedikit orang merasa bosan lantaran hanya berkegiatan di rumah saja. Namun jangan khawatir, masih banyak aktivitas yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa jenuh.

Dilansir dari laman Forbes, berikut Tagar berikan ulasan mengenai cara memanfaatkan waktu luang selama berkegiatan di rumah atau masa isolasi diri.

1. Pelajari Hal Baru

Masa isolasi sangat bermanfaat untuk mempelajari keterampilan baru yang sebelumnya belum sempat terlaksana. Cara mempelajarinya juga bisa di rumah, apalagi saat ini banyak kursus yang disediakan dengan cara daring atau online.

2. Mengerjakan Karya Seni

Mengerjakan karya seni atau kerajinan tangan bisa menjadi pilihan dikala masa isolasi seperti sekarang ini. Banyak karya seni yang bisa dibuat, seperti menyusun album foto, melukis di furnitur rumah, merapikan laci kaus kaki, dan membuat scrapbook.

3. Menulis

Bagi siapa saja yang memiliki hobi menulis, situasi seperti ini bisa dimanfaatkan untuk menjalankan kegiatan tersebut. Banyak jenis karya tulis yang bisa dibuat, seperti cerita pendek, puisi, novel, maupun jurnal ilmiah.

4. Membuat Blog

Dalam situasi krisis seperti ini bisa digunakan untuk menulis dan mendokumentasikan kegiatan saat menghadapi kondisi sekarang ini. Manfaatkan media sosial atau platform lainnya, bila ingin menyebarluaskan ke publik. 

5. Coba Resep Masakah Baru

Jika memiliki hobi memasak, saat ini waktu yang tepat untuk mencoba beragam resep baru. Dengan begitu, kegiatan ini mampu menambah keterampilan dan belajar hemat karena bisa memanfaatkan masakan sendiri. 

6. Membaca Buku

Membaca buku bisa menjadi pilihan untuk menghilangkan rasa bosan saat isolasi di rumah. Banyak sekali buku favorit yang bisa dibaca, seperti sejarah, biografi, nobel, maupun buku self-help.

Zaman teknologi modern ini tentu sangat mudah mendapatkan sejumlah buku bacaan yang bisa dimanfaatkan sembari mengisi kejenuhan. Ketika ingin membaca, tentu masyarakat bisa memperolehnya dari internet, sehingga tidak perlu keluar rumah. 

7. Dengarkan Podcast atau Buku Audio

Banyak sekali podcast dan buku audio yang bisa didengarkan sesuai dengan topik yang diinginkan atau disukai. Banyak sekali informasi menarik bisa didapatkan ketika mendengarkan podcast atau buku audio, seperti bisnis, karir, kesehatan, serta hubungan.

8. Hubungi Orang Terdekat

Kesempatan ini bisa digunakan untuk menghubungi orang-orang terdekat. Banyak cara yang dapat dilakukan mulai dari saluran telepon atau telepon video (video call).

9. Membersihkan Rumah

Kondisi seperti ini juga bisa digunakan untuk membersihkan rumah secara lebih teliti dan mendalam. Mulai dari menyeleksi barang-barang yang tidak bisa digunakan, membersihkan gudang, isi kulkas, maupun mengerjakan laporan pajak. []

Baca juga:

Berita terkait
Tips Work From Home Agar Produktif
Belajar dan bekerja dari rumah hanya dalam waktu sementara selama berlangsungnya pandemik virus corona.
Tips Mudah Meningkatkan Imunitas Tubuh Cegah Corona
Virus Corona sangat rentan menyerang sistem kekebalan tubuh yang lemah. Berikut Tagar berikan Tips meningkatkan imun tubuh.
Tips Mencegah Corona Saat di Transportasi Umum
Cegah penularan Corona di transportasi umum sangat penting dilakukan. Berikut tips yang harus diperhatikan ketika berada di transportasi umum.
0
Cegah Corona, Pemprov DKI Tutup Bioskop, Diskotek, Spa
Cucu Ahmad Kurnia mengatakan, pemerintah provinsi memutuskan untuk menutup belasan jenis wisata hiburan dan rekreasi demi cegar penyebaran corona.