UNTUK INDONESIA
Tips Jangan Sentuh Wajah Cegah Corona
Kebiasaan menyentuh wajah bisa meningkatkan potensi penyebaran virus Corona atau Covid-19. Berikut ulasan tips hindari kebiasaan sentuh wajah.
Ilustrasi menyentuh wajah. (Foto: today.com/Getty Images

Jakarta - Kebiasaan menyentuh wajah tanpa disadari bisa meningkatkan potensi penyebaran virus Corona atau Covid-19. Kebiasaan ini sudah harus dihindari agar virus tidak menyerang tubuh. 

Virus Corona bisa masuk ke dalam tubuh melalui tiga jalur, yaitu mulut, hidung, dan mata. Sebaiknya dari sejak dini menghilangkan kebiasaan menyentuh wajah supaya tidak terpapar virus mematikan tersebut.

Berikut Tagar berikan ulasan mengenai cara menghilangkan kebiasaan menyentuh wajah untuk mencegah virus Corona atau Covid-19.

1. Selalu Waspada dan Tanamkan Niat Dalam Kepala

Menyentuh wajah menjadi salah satu kebiasaan yang bisa dilakukan tanpa disadari. Seorang psikolog dari Northwestern Medicine Huntley Hospital Amerika Serikat Zachary Sikora meminta masyarakat lebih berhati-hati lagi dengan tindakan memegang wajah. Sebab, biasanya kebiasaan tersebut sering timbul sebagai gerakan refleks.

2. Tuliskan Kertas Pengingat

Buatlah tulisan di kertas sebagai pengingat untuk menghindari kebiasaan menyentuh wajah. Caranya bisa dimulai dengan menuliskan larangan wajah di atas kertas.

Kemudian, tempelkan kertas pengingat tersebut di tempat-tempat yang biasa dilihat. Contohnya di meja kantor, dekat televisi, atau di dapur. Dengan begitu, Anda akan selalu ingat untuk tidak menyentuh wajah.

3. Membuat Tangan Terus Sibuk

Cara lain agar tidak mudah menyentuh wajah yaitu membuat tangan terus sibuk menjalankan rutinitas. Misalnya, ketika menonton televisi, ada berbagai aktivitas bisa dilakukan, seperti melipat pakaian atau sekadar memegang sesuatu yang lain.

4. Menggunakan Pembersih Tangan

Menggunakan pembersih tangan mampu mencegah seseorang untuk menyentuh wajahnya. Pasalnya, saat wangi pembersih tangan tersebut dekat ke hidung, tentu Anda akan tersadar untuk mengurungkan kebiasaan menyentuh wajah itu. 

5. Mengetahui Pemicu Tangan Menyentuh Wajah

Setiap orang menyentuh wajahnya tentu memiliki alasan yang tak sama, seperti terasa gatal atau menghilangkan minyak yang ada di wajah. Dengan mengetahui alasan dan pemicu tersebut diharapkan bisa menghilangkan kebiasaan tersebut.

6. Menggunakan Sarung Tangan

Terkadang menyentuh wajah menjadi salah satu kebiasaan yang tidak bisa dihindari. Jadi dengan menggunakan sarung tangan bisa menjadi solusi alternatif untuk permasalahan tersebut.

Sarung tangan bisa digunakan sebagai pengingat agar tidak menyentuh wajah. Namun, dianjurkan untuk memakainya saat bepergian ke luar rumah.

Saat sudah sampai ke tempat yang dituju, lepaslah sarung tangan tersebut. Kemudian cucilah dengan air bersih dan sabun. Hal tersebut dilakukan karena kemungkinan besar, sarung tangan itu sudah terpapar virus Corona dari permukaan benda lainnya.

7. Mengikat Jari

Pilihan yang terakhir ini tergolong berlebihan untuk menghilangkan kebiasaan menyentuh wajah. Mengikat jari tangan dan memposisikannya di bawah meja menjadi salah satu pengingat untuk menghindari memegang wajah. Hal ini sebagai upaya mencegah penularan virus Covid-19. []

Baca juga:

Berita terkait
Tips Persiapan Karantina di Rumah Saat Corona
virus Corona atau Covid-19 yang semakin merebak di sejumlah negara, membuat orang harus memilih melakukan karantina di rumah. Berikut ulasannya.
Tips Asyik Manfaatkan Waktu Isolasi Corona di Rumah
Akibat virus Corona atau Covid-19 membuat banyak orang mulai berkegiatan di rumah dan mengisolasi diri.
Tips Makeup Aman Wabah Virus Corona
Menggunakan makeup menjadi salah satu kegiatan yang penting untuk diperhatikan saat merebaknya virus Corona.
0
Skenario Terburuk 8.000 Orang Positif Corona
Pangdam Jaya Mayjen Eko Margiyono mengatakan skenario terburuk pasien kasus virus corona (Covid-19) yang ada di DKI Jakarta capai 8.000 orang.