UNTUK INDONESIA
Virus Corona Sebabkan Empat Gunung di Jawa Tutup
Akibat virus Corona atau Covid-19, jalur pendakian di sejumlah gunung untuk sementara ditutup.
Gunung Merbabu. (Foto: Instagram/@merbabu.mountain/krisnafadly_)

Jakarta - Mewabahnya virus Corona atau Covid-19 di Indonesia, jalur pendakian di sejumlah gunung untuk sementara waktu ditutup. Hal ini sebagai upaya pencegahan penyebaran virus mematikan tersebut.

Mendaki gunung memang menjadi kegiatan yang sangat disukai banyak kalangan, khususnya anak muda. Penutupan sementara tersebut sangat penting dilakukan agar tidak ada perkumpulan di tempat publik karena itu menjadi risiko penyebaran virus Covid-19.

Berikut Tagar rangkumkan empat gunung yang ditutup akibat virus Corona. 

1. Gunung Merbabu

Gunung MerbabuGunung Merbabu. (Foto: Instagram/@merbabu.mountain/krisnafadly_)

Pengelola Balai Taman Nasional Gunung Merbabu menutup jalur pendakian Gunung Merbabu Jawa Tengah untuk sementara waktu. Hal ini sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Dikutip dari Antara, Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu Junita Parjanti mengatakan lima pintu masuk jalur pendakian Gunung Merbabu ditutup untuk sementara mulai Minggu, 15 Maret 2020 pukul 18.00 WIB.

"Seluruh tempat wisata alam dan jalur pendakian di kawasan TNGMb ditutup sementara hingga dengan 14 hari ke depan," kata Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu Junita Parjanti.

Kata Junita Parjanti, langkah efektif ini diambil agar virus Covid-19 tidak semakin menyebar dan membahayakan masyarakat.

"Kami akan melakukan evaluasi dan mengambil kebijakan lebih lanjut dengan memperhatikan perkembangan persebaran Covid-19, hingga selama 14 hari ke depan," ucapnya.

2. Gunung Sindoro

Gunung SindoroGunung Sindoro. (Foto: Instagram/@sindorosumbingmountain/poorunway)

Jalur pendakian Gunung Sindoro Jawa Tengah via Kledung dan Alang-Sewu ditutup akibat mewabahnya virus Corona di Indonesia. Langkah ini dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus mematikan tersebut.

Penutupan tersebut terhitung mulai Senin, 16 Maret 2020. Namun, sejauh ini belum ada informasi lebih lanjut kapan dibuka kembali jalur pendakian Gunung Sindoro.

3. Gunung Sumbing

Gunung SumbingGunung Sumbing. (Foto: Instagram/gunung.sumbing/bong_bong08)

Forum Pengelola Gunung Sumbing (FPGS) melalui akun Instagram @gunung.sumbing memberikan edaran informasi penutupan jalur pendakian untuk sementara waktu.

Hal ini berdasarkan surat edaran Gubernur Jawa Tengah No: 440/0005942 tentang Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Risiko Penularan Infeksi Corona Virus Disease (Covid-19) di Jawa Tengah.

Penutupan terhitung mulai Rabu, 18 Maret 2020 sampai batas waktu yang belum ditentukan. FPGS akan menunggu adanya instruksi atau evaluasi bersama semua pihak dan perkembangan situasi yang ada untuk membuka kembali jalur pendakian Gunung Sumbing.

4. Gunung Andong

Gunung AndongGunung Andong. (Foto: Instagram/gunungandong/jarang.mlipir_)

Melalui akun Instagram @gunungandong, tempat wisata itu ditutup untuk sementara waktu sebagai upaya pencegahan virus Corona. Hal itu berdasarkan keputusan dan kesepakatan Perhutani KPH Kedu Utara, Magelang Jawa Tengah, pemerintah daerah, pemerintah desa, dan semua basecamp serta pihak-pihak terkait. 

Penutupan tersebut terhitung mulai Minggu, 15 Maret 2020 sampai batas waktu yang belum ditentukan. Pemerintah Desa (Pemdes) Girirejo melalui akun instagram tersebut juga memerintahkan untuk mencuci tangan dan muka setiap kali akan beraktivitas dengan menggunakan sabun antiseptik dan hand sanitizer

Selain itu juga menghindari kegiatan yang mengundang massa, bersinggungan dengan orang yang berasal dari negara endemi, jaga stamina tubuh dengan makan bergizi seimbang. Jika ada yang terserang flu, batuk segera periksa ke dokter. []

Baca juga:

Berita terkait
Imbas Corona, Tempat Wisata di Maros Tutup
Pemkab Maros menutup tempat wisata baik yang dikelolah pemerintah maupun swasta. menyusul isu virus corona yang semakin meluas di Indonesia.
Pengunjung Rutan Cipinang Hadapi Sistem Cegah Corona
Rumah Tahanan Cipinang, Jakarta Timur mengintensifkan pencegahan virus Corona atau Covid-19 dari luar lingkungan.
Objek Wisata di Gowa Ditutup 14 Hari Kedepan
Pemerintah kabupaten Gowa menutup sementara objek wisata di dataran tinggi, Malino selama 14 hari ke depan.
0
Virus Corona Sebabkan Empat Gunung di Jawa Tutup
Akibat virus Corona atau Covid-19, jalur pendakian di sejumlah gunung untuk sementara ditutup.