UNTUK INDONESIA
Warga Rembang Positif Corona, Tertular Saat di Bali
Pernah mengantar temannya ke rumah sakit di Bali, PDP asal Rembang positif kena virus corona.
Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang mengumumkan satu warganya positif terkena virus corona. Pasien tersebut saat ini dirawat di Semarang. (Foto: Tagar/Rendy Teguh Wibowo)

Rembang - Seorang warga Rembang dinyatakan positif terpapar virus corona. Pria berusia 28 tahun, asal Kecamatan Pamotan itu saat ini dalam perawatan di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) KRMT Wongsonegoro, Semarang.

"Pasien yang positif Covid-19 saat ini sedang dalam perawatan isolasi di RSUD Wongsonegoro, Semarang," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rembang Ali Syofii, Kamis 26 Maret 2020.

Dan semalam kami mendapatkan informasi hasil pemeriksaan laboratoriumnya, positif Covid-19.

Ali menyebutkan pasien yang awalnya berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) tersebut dirujuk ke Semarang pada 17 Maret 2020. Kepastian positif corona setelah ada penjelasan dari pihak rumah sakit, mengenai hasil laboratorium yang turun pada Rabu sore, 25 Maret 2020.

“Dan semalam kami mendapatkan informasi hasil pemeriksaan laboratoriumnya, positif Covid-19," ucap dia.

Dari penjelasan pasien, yang bersangkutan memiliki riwayat bekerja di Bali. Kebetulan saat masih di Bali, ia mengantarkan rekannya yang mengalami gejala demam dan batuk ke rumah sakit. Setelah itu pulang ke Kabupaten Rembang dan mengalami gejala serupa.

“Dia mengaku pernah bersinggungan secara langsung dengan pasien yang positif di sana,” ujarnya.

Dalam waktu dekat tim Dinkes Rembang akan melakukan pemeriksaan ulang pada warga yang pernah kontak dengan pasien tersebut. Hasil tracking untuk mencegah penularan lebih luas, termasuk menentukan orang dalam pemantauan (ODP) hingga penentuan PDP jika ada gejala corona yang butuh perawatan.

“Meski dulu sudah pernah kami lakukan, tapi ini akan kami periksa ulang lagi. Mana yang kontak enggak sakit dan mana pula yang pernah kontak, kini ada gejala,“ tutur Ali. 

Di Kabupaten Rembang sebelumnya terdapat sebanyak lima PDP. Setelah dilakukan perawatan dan uji laboratoriun, satu pasien dinyatakan sembuh total dan satu pasien positif Covid-19. 

"Tersisa tiga PDP. Satu pasien yang sekarang dirawat di RSUD Rembang dan dua di rumah sakit Semarang. Mereka sudah dicek laboratorium dan kami masih menunggu hasilnya" ucapnya. []

Baca juga: 

Berita terkait
Seorang PDP Covid-19 di Rembang Turun Kasta
Satu orang pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 di Rembang, Jawa Tengah, dikabarkan turun kasta menjadi orang dalam pengawasan (ODP)
Pekerja Pabrik di Rembang Tak Libur Meski Ada Corona
Meski tidak libur, PT Perkland World Indonesia di Rembang tetap memberlakukan SOP ketat mencegah penyebaran virus corona.
Biaya Pasien Rembang Positif Corona Ditanggung Pusat
Pemerintah Rembang hanya menanggung biaya mereka yang berstatus ODP corona. Untuk PDP, suspect hingga positif corona ditanggung pemerintah pusat.
0
Warga Rembang Positif Corona, Tertular Saat di Bali
Pernah mengantar temannya ke rumah sakit di Bali, PDP asal Rembang positif kena virus corona.