UNTUK INDONESIA
Zona Del Silencio Gurun Hening Meksiko Penuh Misteri
Meksiko memiliki gurun dengan nama Zona del Silencio yang berarti zona diam atau zona senyap. Berani buat menyambanginya?
Zona Del Silencio Gurun Hening Meksiko Penuh Misteri. (Foto: Instagram/alexbecerril_photography)

Jakarta - Meksiko memiliki gurun dengan nama Zona Del Silencio yang berarti zona diam atau zona senyap. Daerah gurun ini tidak menawarkan kehidupan sosial yang luas, malah sinyal gawai tidak bisa ditemukan.

Bila traveler ingin menyambangi, Zona Del Silencio berada di Meksiko bagian utara, masuk di dalam negara bagian Durango, Chihuahua, dan Coahuila. Tak jauh dari Kota Mapimi yang dikenal dengan nama Mapimi Silent Zone.

Petualang kedirgantaraan kenamaan asal Meksiko, Fransisco Sarabia orang yang pertama kali mengetahui lokasi Zona Del Silencio. Pada tahun 1930, Sarabia terbang di atas zona diam dan peralatan radio di pesawatnya tidak dapat berfungsi sama sekali. Anehnya, setelah dilakukan pengecekan, peralatan radio tidak ada yang mengalami kerusakan.

Sarabia bukan seorang amatiran. Ia pernah memecahkan rekor terbang dari Kota Meksiko menuju New York, Amerika Serikat (AS) selama 10 jam 43 menit menggunakan pesawat Gee Bee R6H QED di tahun 1939 .

Kejadian unik lainnya terjadi pada 2 Juli 1970, saat Angkatan Udara (AU) AS melakukan uji coba peluncuran rudal Athena di Green River, Utah. Rudal yang harusnya jatuh di wilayah White Sand, New Meksiko, melenceng jauh dari jalur seharusnya dan jatuh di sebelah selatan Gurun Chihuahua yang jaraknya sekitar 520 km dari tempat seharusnya.

Zona Del SilencioZona Del Silencio Gurun Hening Meksiko Penuh Misteri. (Foto: Instagram/monkeyfunbusiness)

Rudal tidak hanya sekali melenceng dari jalurnya. Satu rudal lainnya jatuh di daerah Monticello, Utah. Namun, tempat jatuhnya masih dianggap normal.

Pihak AS berteori, kejadian aneh ini disebabkan karena anomali gelombang magnet di atmosfer yang mengganggu transmisi radio. Sehingga, jarum kompas jadi berputar tidak terkendali. Selain itu, gelombang magnet diyakini dapat membentuk vortex di atas atmosfer dan mengganggu jalur peluncuran rudal.

Paling menarik, Zona Del Silencio sering dikaitkan dengan banyaknya laporan penampakan UFO (unidentified Flying Object). Penampakan bola api terbang, cahaya yang berubah-ubah warna, serta benda terbang melayang-layang dengan kecepatan tinggi.

Bahkan, ada penampakan wujud menyerupai manusia seperti yang disaksikan oleh Ernesto dan Josefina Dias pada 13 Oktober 1975. Saat itu keduanya sedang mencari fosil di Zona Del Silencia.

Seorang wartawan bernama Luiz Ramirez Reyes pada November 1978, bersama kawan-kawannya juga mengalami hal yang serupa saat meliput keunikan di Zona Del Silencia.

Andrea Kaus dalam desertasi doktoral yang berjudul Ranchers and Researchers in the Mampimi Biosphere Reserve menyebutkan Zona Del Silencia memang memang banyak kejadian unik.

Menurut dia, banyak meteorit yang jatuh di sana dengan jumlah cukup banyak. Salah satunya, meteor Allende (karena jatuh di daerah Pueblito de Allende) pada 8 Februari 1969 jam 1:05 dini hari.

Meteor Allende merupakan batu meteor terbesar yang pernah ditemukan, sebelum memasuki atmosfer bumi ukurannya diperkirakan sebesar mobil. Ketika terjadi benturan dengan bumi mengakibatkan terjadinya shock wave sampai beberapa kilometer dari tempat kejadian. 

Kaus juga menyoroti keganjilan lain yang terjadi pada beberapa tanaman dan binatang. Misalnya, tanaman kaktus Nopal coyotilo (Opuntia Violacea) yang memiliki warna ungu dan kura-kura Bolson (Geopherus flavomarngingtus) yang memiliki ukuran di luar batas wajar. 

Keduanya bisa tumbuh menjadi lebih besar dan agak kasar. Bahkan, penduduk setempat memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan yang berada di luar area. []

Berita terkait
Rawabi Surga Palestina Pelipur Serangan Israel
Kota Rawabi menjadi harapan baru warga Palestina yang tidak pernah berhenti diserang milisi Israel.
Strasbourg Kota Cantik di Prancis Dekat Jerman
Strasbourg salah satu kota cantik di Prancis yang menarik untuk disambangi. Kota yang dekat dengan Jerman ini memiliki historis yang tinggi.
Lima Destinasi Wisata Eropa yang Aman dari Corona
Wisata di Eropa selalu menjadi tujuan para traveler untuk berlibur. Sayangnya virus Corona mulai menyebar ke benua biru.
0
Zona Del Silencio Gurun Hening Meksiko Penuh Misteri
Meksiko memiliki gurun dengan nama Zona del Silencio yang berarti zona diam atau zona senyap. Berani buat menyambanginya?